21 June 2017

PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2

Mutiara Syalen
Fakultas Ekonomi
Kelompok 15
PKM UNJ 2017
MANAJEMEN ISU
Oleh :
Dr. H. Arya Sandhiyudha S.Sos, M.Sc
-        Staf Ahli Komisi I DPR
-        Pengamat Politik Internasional
Beberapa tipologi orang-orang dalam mengelola isu
1.     Organisatoris  pekerja , fokus pada tugas pokok dan fungsi – worker
2.     Organisatoris pemikir – thinker
3.     Organisatoris lobbies, hemat bicara tapi bicara melakukan operasi-operasi bawah meja
4.     Organisatoris engineer, designer organisasi
5.     Organisatoris selebriti, sadar penampilan, rajin berbicara meski tidak jelas apa yang disampaikan
6.     Organisatoris leader, opinion leader, tampil dengan ide, dapat meyakinkan orang
Manajemen isu tidak terlepas dari media. Apapun latar belakang medianya, kita harus menjadi pihak yang meleading isu . Jangan sampai memusuhi media.
Manajemen isu juga bukan hanya tentang berbicara, tetapi juga bagaimana ide sebuah organisasi dikelola dan tersampaikan ke publik.
Manajemen isu adalah manajemen opini berbasis isu, mome, dan krisis yang sedang terjadi.
Agar dikutip media :
1.     Sampaikan hal yang baru, penting, quotable, menarik, unik
2.     Mengirim ppress release ke media, karena press release dapat memudahkan media. Perhatikan konten press release – jangan sampai suasana mendominasi konten. Yang media perlukan adalah tambahan informasi. Dengan durasi yang singkat media tidak memerlukan release yang didominasi suasana.
3.     Setting agenda media
4.     Berteman dengan orang media
Hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan wawancara oleh media :
1.     tampilkan juru bicara yang berpengetahuan, karena media menginginkan tambahan informasi
2.     media juga menginginkan konfimasi, sehingga tampilkan juru bicara yang memiliki kapasitas
3.     media juga membutuhkan justifikasi terhadap opini, sehingga diperlukan kehati-hatian
4.     media juga terkadang hendak mengadu pendapat sehingga perlu memperhatikan positioning
Friendly Suggestions :
-        perbanyak membaca, update isu, pahami kemauan media dan miliki kemampuan membaca situasi
-        scanning / screening isu
-        tegaskan pokok ucapan
-        media tv adalah tentang ide dan wajah. jadi selain mempersiapkan ide, penampilan juga perlu dipertimbangkan
-        pengaruhi alur media
-        perhatikan hal penting : closing statement, attraction, gestures
8 tema penting lainnya :
-        pentingnya media massa (media organisasi, media relasi, dan jaringan langsung)
-        debat dan diskusi di parlemen
-        debat mengenai UU
-        mengembangkan kebijakan baru yang melayani publik pemilih (bagaimana suara rakyat)
-        analisa dan investigasi hal yang jadi perhatian kelompok kepentingan
-        memaparkan petisi yang jadi perhatian kelompok kepentingan
-        pengelolaan dapil

-        how to deal with people (bukan dengan media, tapi dengan awak medianya; bukan dengan isunya, tapi dengan anchornya)
READMORE - PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2